Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta-Jawa Barat- Banten

TPID di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten mengadakan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) pada tanggal 25 Maret 2015 di Jakarta dengan mengambil tema “Memperkuat Kerjasama Antar Daerah dalam Mendukung Perbaikan Infrastruktur dan Pembenahan Tata Niaga Pangan”. Pada Rakorwil dimaksud, dirumuskan langkah-langkah untuk mempertajam arah implementasi kesepakatan Rakornas V TPID 2014 melalui sejumlah program strategis serta mengoordinasikan isu bersama terkait perbaikan infrastruktur dan tata niaga pangan untuk diangkat di level pusat.

Rakorwil TPID Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten menyepakati 4 (empat) langkah strategis yang bermuara pada strategi pengendalian inflasi â€œ4K” (Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi).

Pertama, mendukung peningkatan konektivitas dan pembangunan infrastrukturmelalui: (a) realisasi pembangunan gudang/pasar induk /pasar distribusi regional; (b) mendorong pemanfaatan jalur KA untuk distribusi pangan yang akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Pusat.

Kedua, mempercepat pembenahan tata niaga melalui: (a) optimalisasi program resi gudang yang akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Pusat; (b) kerjasama perdagangan antardaerah dengan memerhatikan aspek ketersediaan dan permintaan pasokan pangan.

Ketiga, mengoptimalkan informasi dan komunikasi melalui: (a) implementasi Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) yang terkoneksi secara nasional; (b) pengembangan informasi kebutuhan dan ketersediaan pangan; (c) komunikasi dan koordinasi antar TPID dan dengan pelaku pasar/asosiasi.

Keempat, meningkatkan kapasitas SDM khususnya melalui edukasi kepada pelaku usaha tani untuk meningkatkan produktivitas  dan manajemen logistik untuk mendukung optimalisasi sistem resi gudang (SRG).

Rakorwil TPID Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten juga menyepakati sejumlahisu yang akan dikoordinasikan di level kelompok kerja nasional (Pokjanas) TPID, yaitu : (a) peningkatan kapasitas dan perbaikan jalur distribusi; (b) dukungan pembiayaan APBN yang lebih berpihak pada program ketahanan pangan; (c) pembenahan pola pergudangan dan logistik serta komitmen pada implementasi sistem logistik nasional (Sislognas); (d) implementasi SRG melalui pengoptimalan gudang yang telah dibangun dan dukungan regulasi yang diperlukan; (e) penguatan peran Bulog atau lembaga pangan lain yang ditunjuk sebagai stabilisator harga dan pasokan.

                                                   Jakarta, 25 Maret 2015



Kontak Kami

Telepon
  (0254) 200123
  (0254) 200520
Alamat
  Jl. Syech Nawawi Al-Bantani No.1
      Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B)
      Kec. Curug, Kota Serang
      Banten - Indonesia 42171